Header Ads

Arabic Calligraphy Exhibition at Saqiyah el-Shawiy

Ramadhan karim…kullu sanah wentum bikhair. Hari kelima bulan Ramadhan yang lalu saya pergi ke Zamalek. Tepatnya ke bawah kubri (jalan layang) di ujung kota tersebut. Markas Budaya “Saqiyah abdul Mun’im ash-Shawiy”. Beruntung sekali ada kawan Mesir yang memberi tahu bahwa hari ini adalah pembukaan pameran khot oleh “Jam’iyyah Mashriyyah Ammah lil Khattil Arabiy”. Selain itu ada pameran tunggal oleh khottoth Hasan Hasubah asal Port Sa’id, yang digelar hingga 10 Ramadhan.

Pameran kaligrafi tersebut dibuka untuk umum mulai kemarin Jum’at (5/09) hingga akhir bulan Ramadhan, mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 15.00 siang. Kemudian buka untuk kedua kalinya setelah tarawih, atau sekitar pukul 21.30 malam hingga menjelang sahur.

Tidak banyak sebenarnya karya yang dipajang, hanya saja beragam. Ada 10 orang kaligrafer yang berpartisipasi melalui karyanya dalam pameran ini. Dari kaligrafer senior seperti khattath Muhammad Hammam, Khattath Musthafa ‘Imari, Fannan Musthafa Hudair, Mahmud Bargawi, hingga sederet nama kaligrafer muda seperti Romi dan juga kaligrafer putri mesir, Manal. Meskipun beberapa karya yang ada adalah karya-karya ‘tua’ yang juga sering nongol di pameran-pameran kaligrafi sebelumnya, namun pameran kaligrafi kali ini tetap saja sayang untuk dilewatkan…

Beberapa gambar pameran dan fannan (seniman) yang hadir dalam pembukaan pameran.



"kuserahkan segala perkaraku hanya kepada Allah" karya Ustadz Hammam

bareng pak Musthafa M. Imari

mojok euy!

No comments

Powered by Blogger.